20 Jan 2014

Latihan Menuang Latte Art

Ada teman saya yang buka kafe di Dumai, Sumatera, tanya gimana caranya bikin latte art (rosetta). Terkesima juga, karena yang biasa saya lihat di profile picture-nya adalah latte art 3D. Masak dia belom bisa latte art yang biasa hehe.

Pernah saya kirim video bagaimana saya membikin rosetta, foto-foto langkahnya, dll. Mungkin itu saja belum cukup, tentunya. Soalnya rosetta yang saya hasilkan di PP saya saat ini merupakan hasil ratusan kali latihan. Tidak bohong sodara-sodara. Tapi ngga semua pakai espresso dan susu, lebih banyak saya pakai... ampas kopi dan sabun cuci piring. Serius! Saya ulangi:
  1. Ampas kopi, kalau bisa pakai ampas espresso.
  2. Sabun cuci piring: bisa Sunligh*, Mama Lim*, dll.
Bagaimana caranya? Pertama, larutkan sejumlah ampas kopi ke dalam cangkir latte, sedikit saja airnya. Biarkan dulu. larutkan dua atau tiga tetes sabun cuci piring di pitcher (baiknya ukuran kecil dulu). Lalu steam larutan sabun tersebut sampai terbentuk microfoam, dan tuang ke larutan ampas kopi.
Ada banyak celah untuk melakukan salah saat latihan menuang ini, tapi cobalah melakukannya bukan untuk cepat bisa, tapi untuk mengasah intuisi tangan. Masalah goyangan kanan-kiri, maju mundur dan lainnya jangan dulu dipusingkan. Tuang saja! Lihat apa yang terjadi. Toh ngga rugi kan, cuma ampas kopi.
Jika mandek, saya sarankan latihan bertahap seperti ini:
  1. Buat larutan ampas kopi yang pas. Ingat kita berusaha untuk membuat seolah ampas tersebut adalah espresso yang kental. Jadi gunakan air sesedikit mungkin.
  2. Latihan membuat microfoam yang halus. Karena menggunakan air sabun, maka dapat dipastikan microfoam mudah dibentuk, jika posisi steam wand pas. Lalu pahami bahwa kekentalan air sabun tentu beda dengan susu. Jadi perhatikan benar saat  mencoba steaming susu beneran.
  3. Latihan menuang foam sabun ke ampas kopi. Latihan ini saya coba pecah lagi menjadi beberapa tahap, untuk memudahkan saat training karyawan.  Tentu untuk awalnya hanya menggunakan air biasa. Tuang air dari pitcher ke cangkir kosong. Jika kemudian sudah PD, bisa pakai hasil steam air sabun dan ampas kopi.
    • Tuang tanpa goyang-goyang
    • Tuang dengan goyang kiri-kanan 
    • Coba berbagai cara hingga terbentuk pola apapun.
  4.  Jika sudah dirasa mahir latihan diatas, bisa coba membentuk pola yang agak mudah seperti tulip atau rosetta.
  5. Belum tahu dimana salahnya? Silahkan buka youtube dan lihat cara menuang rosetta. Banyak sekali video yang membahas tentang hal ini.


Rosetta di bawah ini merupakan hasil latihan menuang beberapa puluh, mungkin seratusan kali. Tentu menggunakan espresso dan susu steam yang asli.


Rosetta











Sekian dulu deh, selebihnya latihan!