14 Jan 2014

Roasting Sendiri Kopimu

Pengalaman kami menyediakan beragam jenis kopi yang sudah disangrai, pada akhirnya malah kurang oke buat pembeli. Apalagi jika jualan kopinya kurang kenceng :). Kopi yang sudah disangrai umur kesegarannya hanya 40 hari (menurut sebuah literatur), ada yang menyebut 3-5 bulan. Memang betulan kopi hasil roasting lama-lama akan bau apek, walaupun disimpan dalam toples kedap udara. Aroma wanginya lenyap, kan sayang banget.
Karena itulah kami mulai mempertimbangkan untuk meroasting green bean sendiri. Oke, lalu dimana beli green bean? Di Google cukup banyak informasi tentang penjual kopi green bean. Salah satunya adalah Maharaja Coffee yang berlokasi di Jakarta Pusat. Kami putuskan membeli green bean dari seller ini karena mereka melayani pembelian 1 kiloan. Penjual lain ada syarat minimal pembelian 10kg atau bahkan 100kg! Beli green bean sudah, lalu?
Tantangan berikutnya adalah bagaimana menyangrai green bean tersebut? Kami tidak punya mesin roasting seperti cafe-cafe yang padat modal. Walaupun sudah ada mesin buatan Indonesia seharga 7 jutaan, sepertinya kami patut sadar diri. Penjualan kopi kami belum perlu mesin roasting seperti itu. Jadi kami menggunakan: kuali. Ya, seperti gambar di bawah ini.


Pan Roaster
Kelebihan meroasting dengan kuali terbuka seperti ini adalah kita dapat mengetahui perubahan warna yang terjadi setiap waktu. Menyesuaikan kecepatan adukan sodet dan besarnya api. Namun proses roasting ini memakan waktu lama dengan api cukup besar. Dengan kata lain terjadi "pemborosan" disini. Panasnya kuali cepat sekali menguap, dan pada menit tertentu asap akan mulai pekat (ngebul).


Hasil roasting
Tampak disamping hasil roasting masih belum sempurna. Belang-belang, dan tampak sudah mengeluarkan minyak. Tapi karena ini robusta, biar hasilnya agak hitam masih okelah. Menurut literatur robusta memang harus sampai hitam, agar rasa-rasa negatifnya pudar (ngeles). Proses pendinginan menggunakan saringan dari alumunium, dan dikipas-angini. Kadang masih terdengar bunyi crack saat pendinginan. Biar saja, jangan dicolek-colek.

Berikutnya kami akan melaporkan kemajuan apa saja yang kami telah buat setelah roasting dengan kuali ini

Sekian dulu laporan dari kedai kami, terima kasih.