30 Apr 2015

Kompi bukan Kopi

  Teman, ini postingan sekedar intermezzo nih.. Kan selain menyeruput kopi, kita juga melakukan aktivitas lainnya ya. Contohnya membaca koran sambil ngopi, ngobrol dengan teman sambil ngopi, atau juga nongkrong di depan laptop sambil ngopi. Selalu ngopi dong.. Nggak juga.
  Selain ngopi, tenyata saya ini senang ngoprek-ngoprek OS atau Operating System lho. Selalu ingin coba hal-hal baru atau aplikasi-aplikasi yang sedang populer. Walau cuma modal laptop mini, kalau memungkinkan sih saya installin OS-OS yang maksi. Tapi saya sadar diri, ini cuma ASUS 1015e yang masuk kategori antara netbook dengan notebook. Kali ini saya ngetest elementary OS Freya, sebuah derivatif dari Ubuntu 14.04 LTS (Long Time Support). OS yang tampilannya minimal, ternyata tidak serta merta minimal pula bug-nya. Masih banyak bug yang dilaporkan para pengguna OS yang telah tiga kali dirilis ini. Apa bagusnya elementary OS Freya? Silahkan digoogling saja "elementary os review".
  Oke, kali ini kita langsung meluncur ke TKP.

Splash screen elementary OS
Sumber: folder instalasi elementary OS

---------------------------------------------------
Error Elementary OS Freya "..BAD SIG.."
---------------------------------------------------
  Error seringkali muncul ketika jalankan apt-get update. Seperti no pubkey, no data, bad sig, dan sebagainya. Kali ini saya share tentang error "BAD SIG". Dengan mengotak-ngatik repository, seringkali tidak membereskan masalah. Minta key ke Ubuntu Server juga kadang tak berhasil. Ah, bisa jadi ini karena kita jalankan apt-get update di tempat-tempat umum seperti cafe, atau mall. Kenapa begitu? Hmm.. Kapasitas Saya belum sampai kesana untuk penjelasan panjang lebar :), baiknya kita langsung coba solusi yang berhasil ya. Untuk mengatasi error semacam ini, coba input di terminal satu per satu:

sudo -i
apt-get clean
cd /var/lib/apt
mv lists lists.old
mkdir -p lists/partial
apt-get clean
apt-get update


Nah, dicoba dulu. Jika masih ada pesan error-nya, silahkan baca versi lengkapnya di ubuntugeek.com.