21 Mei 2014

Jay's Creation: Bucket Dispenser!

Punya ember es krim tak terpakai?
Gimana kalau kita otak-atik!?
Males? Ah, udah mainstream banget kalo males-malesan. Kucing juga bisa.

Ayolah, be creative! kita gubah ember es krim yang terlantar, menjadi sesuatu produk berdaya guna tinggi. Tempat sampah?! Oh tidak.. Itu sudah hak cipta istri saya. Kita coba bikin yang lain, dispenser ember. Biar agak keren, namai Bucket Dispenser.

Nama kreasi: Bucket Dispenser
Tingkat kesulitan: dewa presiden
Waktu pengerjaan: 20 menit. Atau selamanya, kalo ditunda-tunda..

Haha, setidaknya bukan tingkat kesulitan dewa kan? Tapi ciyus deh, ini mudah banget kok, liat nih alat dan bahan yang kita perlukan:

1. Ember es krim 8 liter (lebih besar oke juga)
2. Cutter
3. Spidol
4. Kran guci 2 pcs (info: sparepart untuk dispenser guci. Biasanya dijual di toko perabotan. Pilih yang bagus).
5. Kunci Inggris
6. Ketabahan.

Mari kerjakan! Pertama-tama pegang embernya, lalu buat tanda dengan spidol bagian mana yang akan dilubangi. Takut nggak rapi? Bisa diatur, ambil aja kran guci lalu pakai pangkalnya untuk buat pola bulat.

Sudah? Bagus, ambil cutter lalu gores sedikit demi sedikit bulatan tadi. Pakai mata pisau baru, jangan yang berkarat ya. Ini untuk dipakai minum lho. Usahakan agar goresannya rapi. Pelan-pelan saja. Nah disini ketabahan diperlukan.. Terus torehkan cutter sampai ember berlubang. Nah, kalau hasilnya kekecilan kerok permukaan lubangnya dengan cutter, atau pisau dapur. Jangan kelihatan istri, rentan kena omelan teguran.

Berhasil?! Hebat, mungkin Anda ada bakat alami.. Jadi tukang ember haha.. Next step, coba pasang kran tadi di ember dengan urutan ini:
ujung kran - ring karet - ring karet - ember - ring karet - baut kran.
Dua ring karet di luar? Ya, kita perlu 2 biar rapat sempurna. Pakai ring karet dari kran satunya jika kurang. Putar baut kran dengan tangan, lalu test. Jika bocor, gunakan kunci Inggris. Jika selesai, akan tampak seperti ini:

Troubleshooting:
1. Jika sudah terpasang rapi tapi masih bocor, periksa baut. Kencangkan lagi.
2. Jika masih bocor, beli kran baru. Pilih yang bautnya keras ketika diputar.
3. Jika tertunda-tunda, ingat akan istri Anda. Siapa tahu sedang bersiap ngomeli Anda..

Jaya
nongkrong di Jay's Coffee