11 Mar 2014

Karyawan Oh Karyawan..

"Kau datang dan pergi oo begitu saja.."

Penggalan lagu ini pas banget buat para karyawan saya :). Banyak dari para pelamar yang datang lihat-lihat saja, bahkan berkali-kali! Ada yang kerja sebulan dua bulan. Ada juga yang tahan setahun. Tapi ya, begitu-begitu saja, sudah berpola. Orang yang datang pasti akan pergi, cuma masalah waktu.

Banyak faktor yang bikin mereka cuma bekerja singkat. Salah satunya adalah si boss. Boss yang gak punya visi adalah rekan yang membosankan. Mungkin terlalu galak, juga bikin resah. Kerja gak tenang. Tapi yang berbahaya adalah boss yang terlalu baik. Terlalu easy going, lama-lama akan membawa bisnisnya going to die. Buktikan!

Saya mengalami kehilangan beberapa karyawan karena sikap saya yang ingin selalu jadi good guy/good boss. Tapi nyatanya bukan itu yang dibutuhkan karyawan saya. Mereka butuh (selain duit) kepercayaan diri dengan bekerja di tempat kita. Biar mereka bisa cerita pada teman dan keluarga, bahwa mereka kerja di starbak.. ups. Jay's Coffee. Dengan cara apa agar mereka mau tinggal lebih lama? Jangan monoton!

Mengutip teknik pendidikan dari Cesar Millan, ada 3 tahap untuk kita aplikasikan dalam mendidik siapapun termasuk karyawan kita:
1. Latihan
2. Disiplin
3. Afeksi (perhatian)
Latihan yang dimaksud adalah rutinitas yang baik secara fisik. Misal menyapu, ngepel, lap meja, dan aktivitas lainnya. Ini penting agar mereka tetap bergerak, karena kebanyakan diam menunggu konsumen kan membosankan.
Kemudian disiplin adalah agar mereka menghargai waktu dan tanggung jawab. Disiplin sangat perlu untuk kemajuan. Setidaknya untuk diri mereka sendiri dulu.
Terakhir afeksi atau perhatian kita perlukan agar mereka merasa nyaman. Karena setiap orang butuh diperhatikan. Bentuknya? Tentu bukan belaian kasih :p, tapi semacam reward-punishment. Bahkan ketika mereka berbuat salah, mereka merindukan juga perhatian kita. Maka kita perlu awasi. Jika mereka berbuat benar, atau mungkin berjasa buat cafe kita, maka jangan lupa beri reward, hadiah baik berupa uang atau bentuk lainnya seperti pujian. Niscaya mereka akan betah bekerja sama dengan kita, berkembang dengan kita.